Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Al-Azhar Mandiri Palu

Kurniawati, Erlis Wulandari (2024) Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Al-Azhar Mandiri Palu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of TESIS ERLIS WULANDARI KURNIAWATI .pdf] Text
TESIS ERLIS WULANDARI KURNIAWATI .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al�Azhar Mandiri Palu. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru PAI, Wakasek Kurikulum serta perserta didik. Rumusan masalah penelitian 1) Bagaimana proses implementasi integrasi keterampilan abad 21 dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI dan 2) Bagaimana hasil dari integrasi keterampilan abad 21 dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMA Al-Azhar Mandiri Palu. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Proses implementasi dimulai pada perencanaan pelajaran yang komprehensif yaitu diawali dengan pelatihan bagi guru
seperti, In-house training (IHT), platform merdeka mengajar (PMM), musyawarah guru mata pelajaran (MGMP PAI) dan webinar. Guru terlibat aktif dalam pengembangan perangkat pembelajaran seperti menyiapkan kalender pendidikan,
program tahunan (PROTA) program semester (PROSEM), alur tujuan pembelajaran (ATP), Modul Ajar, serta kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP). Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti, penutup, dan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan media pembelajaran seperti handphone dan proyektor. 2) Hasil implementasi integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Kurikulum Merdeka pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Azhar Mandiri Palu menunjukkan beberapa keberhasilan signifikan. Peserta didik merasa lebih optimal dan termotivasi dengan metode pembelajaran yang bervariasi dan tidak monoton. Mereka menunjukkan peningkatan dalam kreativitas, seperti menghasilkan poster yang kreatif. Kemampuan komunikasi dan berpikir kritis peserta didik meningkat dengan menampilkan keberanian yang lebih besar untuk berbicara, mengajukan
pertanyaan, menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapat di depan kelas. Kemampuan kolaborasi mereka juga meningkat, terlihat dari efektivitas kerja tim dalam menyelesaikan tugas kelompok. Secara keseluruhan, penerapan keterampilan abad 21 dalam kurikulum merdeka berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan peserta didik, menjadikan mereka lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 27 Oct 2025 05:46
Last Modified: 27 Oct 2025 05:46
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item
View Item