Kompetensi Membaca Teks Berbahasa Arab Melalui Metode Qira’ah Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 3 Kota Palu

Indang, Nur (2025) Kompetensi Membaca Teks Berbahasa Arab Melalui Metode Qira’ah Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 3 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Qira’ah terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi membaca teks Arab. Hal ini tampak pada: (1) pemilihan teks bacaan yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan latar pengalaman peserta didik, sehingga meningkatkan minat dan daya serap mereka;
(2) penerapan latihan membaca secara berulang baik secara klasikal, kelompok kecil, maupun individu, yang memperkuat pelafalan dan pemahaman struktur teks; serta (3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara berkala dan partisipatif melalui diskusi terbuka, tanya jawab, dan refleksi bersama. Adapun faktor pendukung keberhasilan metode Qira’ah meliputi pendekatan guru yang xivkomunikatif, pembiasaan membaca bertahap, penyesuaian materi ajar, serta keterlibatan aktif peserta didik dalam proses evaluasi. Sementara itu, faktor
penghambat di antaranya keterbatasan waktu pembelajaran, perbedaan latar belakang kemampuan peserta didik, dan minimnya sumber belajar tambahan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:42
Last Modified: 28 Oct 2025 06:42
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5269

Actions (login required)

View Item
View Item