Analisis Kesalahan Ejaan dalam Penulisan Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu

Rangkoly, Fira (2025) Analisis Kesalahan Ejaan dalam Penulisan Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skripsi Full Revisi.docx] Text
Skripsi Full Revisi.docx

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu terutama terjadi pada aspek huruf kapital, tanda baca, seperti koma dan titik, serta penyusunan kalimat kompleks. Faktor utama yang menyebabkan kesalahan ini meliputi kurangnya pemahaman siswa terhadap aturan ejaan, minimnya latihan menulis yang terstruktur, pembelajaran yang terlalu teoritis tanpa praktik kontekstual, serta keterbatasan bahan ajar yang relevan dan bervariasi. Selain itu, pengaruh bahasa informal dari media sosial turut berkontribusi terhadap kesalahan siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih aplikatif dan interaktif, seperti latihan menulis berbasis konteks, penyediaan bahan ajar yang beragam, peningkatan kebiasaan membaca melalui program literasi sekolah, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dengan strategi ini, diharapkan siswa dapat memahami dan menerapkan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:43
Last Modified: 28 Oct 2025 06:43
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5271

Actions (login required)

View Item
View Item