Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak di Kelompok A di TK Alkhairaat I Pusat Palu

Irma, Irma (2025) Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak di Kelompok A di TK Alkhairaat I Pusat Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skripsi Irma Fiks.pdf] Text
Skripsi Irma Fiks.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam
mengembangkan keterampilan sosial anak di kelompok A di TK Alkhairaat I Pusat Palu bahwa pengembangan keterampilan sosial anak dilakukan melalui perencanaan pembelajaran yang terstruktur dengan penyusunan modul ajar yang mencakup kegiatan awal, inti, dan penutup. Guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran seperti mewarnai secara kelompok dan permainan melempar bola, serta memanfaatkan media permainan tradisional untuk menanamkan nilai kerjasama dan empati. Penilaian dilakukan menggunakan instrumen ceklist
berdasarkan indikator perkembangan keterampilan sosial anak. adapun faktor pendukung yaitu meliputi peran aktif kepala sekolah, ketersediaan media dan alat peraga pembelajaran yang sesuai, serta adanya kerjasama antara guru dan orang
tua. Dan adapun faktor penghambat yaitu mencakup aspek internal seperti kecederungan anak untuk menyendiri dan kurangnya inisiatif bersosialisasi, serta aspek eksternal seperti keterbatasan sarana edukatif dan pengaruh negatif media digital dirumah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:59
Last Modified: 28 Oct 2025 06:59
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5284

Actions (login required)

View Item
View Item