Lestari, Nanda (2025) Pengaruh Digital Marketing, Promo Shopee Tanggal Istimewa, dan FOMO (Fear of Missing Out) Terhadap Minat Beli di Marketplace Shopee Studi Pada Mahasiswa UIN Datokarama Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
skripsi lengkap nanda lestari.pdf
Download (3MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli mahasiswa, yang diduga karena mereka lebih sering berbelanja melalui TikTok Shop dibandingkan Shopee. TikTok Shop dinilai lebih menarik dengan fitur live streaming interaktif dan promosi langsung dari kreator konten yang diikuti. Sebaliknya, promo Shopee tanggal istimewa (X2) dan FOMO (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hal ini mengindikasikan bahwa promosi langsung dengan diskon besar dan strategi berbasis urgensi waktu lebih efektif mendorong
perilaku konsumtif dibandingkan digital marketing umum. Dalam perspektif ekonomi Islam, temuan ini menjadi pengingat penting agar konsumsi dilakukan dengan prinsip kehati-hatian (prudence), qana’ah (merasa cukup), dan menghindari israf (berlebih-lebihan).
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Economy & Business |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Akun Publik Repository |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 02:34 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:34 |
| URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5292 |
