Analisis Pemahaman Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik di MI Alkhairaat Pombewe

Amrin, Sakina (2024) Analisis Pemahaman Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik di MI Alkhairaat Pombewe. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI KINA.pdf] Text
SKRIPSI KINA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pemahaman peserta didik dalam pembelajaran IPS materi ASEAN sudah baik dilihat dari soal tes esay. Peserta didik yang pemahamanya Tinggi karena peserta didik ketika diberikan pertanyaan oleh guru mengenai materi ASEAN ternyata mampu menjelaskan kembali materi ASEAN walaupun dengan menggunakan bahasanya sendiri
sedangkan peserta didik yang pemahamanya Sedang/cukup itu karena peserta didik saat guru memberikan penjelasan mengenai materi ASEAN peserta didik hanya mampu mengekstrapolasi atau menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh guru mengenai materi ASEAN. Dan pemahamanya Rendah itu karena saat guru menjelaskan pembelajaran peserta didik hanya bermain dengan teman sebangkunya sehingga tidak memperhatikan penjelasan guru jadi ketika guru mempertanyakan kembali materi yang telah disampaikan peserta didik tidak mampu dalam menjawab pertanyaan tersebut. 2) hasil belajar peserta didik dikategorikan baik karena dari 16 peserta didik ada 5 orang yang sudah mampu menjawab soal tes dengan benar dan tepat dan didapatkan nilai rata-rata 81,25 yang termasuk dalam kategori baik dengan interval nilai 76-80.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Nov 2025 06:03
Last Modified: 28 Nov 2025 06:03
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5306

Actions (login required)

View Item
View Item