Fahira, Nurul (2025) Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Abjad pada Peserta Didik di SDN 4 Palasa. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
SKIRPSI NURUL FAHIRA.pdf
Download (15MB)
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : peran guru dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan melalui aetode abjad pada peserta Didik di SDN 4 palasa Kab. Parigi Moutong dilakukan dengan 1). Persiapan awal guru membuat
modul ajar guru memiliki peran yang cukup aktif dalam melatih menulis permulaan, antara lain: sebagai fasilitator guru menyediakan media pembelajaran seperti kartu huruf, papan huruf, dan lembar kerja menulis. 2). guru berupaya memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan kondisi emosional peserta didik. 3). Guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator, pembimbing, dan motivator yang membangun kebiasaan menulis sejak dini. Melalui metode abjad dan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, guru memberikan bimbingan yang terarah, perhatian khusus bagi peserta didik yang mengalami kesulitan, serta memanfaatkan media pembelajaran untuk menarik minat belajar 1). Faktor pendukung yang membantu keberhasilan pengembangan kemampuan menulis permulaan melalui metode abjad pada peserta didik di SDN 4 Palasa. Faktor pendukung ini meliputi aspek internal dari sekolah dan guru, serta dukungan eksternal dari orang tua dan lingkungan belajar.1). Faktor penghambat yang
memengaruhi hasil belajar peserta didik. Yakni beberapa peserta didik masih memiliki kemampuan dasar membaca dan mengenal huruf yang rendah, kurang konsentrasi, serta motivasi belajar yang belum optimal.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Education > Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Akun Publik Repository |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 06:08 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 06:08 |
| URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5313 |
