Aenun, Nurul (2025) Peran Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Luar Biasa (SLB) Mekar Abadi Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
SKRIPSI NURUL AENUN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Peran manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SLB Mekar Abadi Palu yaitu berperan aktif dalam pembinaan kedisiplinan melalui beberapa strategi, antara lain: a) Pendataan dan pemantauan berkala terhadap karakteristik dan
kebutuhan siswa. b) Penanaman nilai disiplin dilakukan melalui kegiatan rutin harian yang membentuk kebiasaan positif. c) Pendekatan individual dan terapi perilaku digunakan untuk menangani kebutuhan khusus peserta didik secara personal. d) Kolaborasi yang erat antara orang tua dan sekolah turut memperkuat nilai-nilai kedisiplinan di lingkungan rumah dan sekolah. e) Evaluasi serta penyesuaian program dilakukan secara berkala guna memastikan efektivitas
pembinaan. 2. Adapun faktor pendukung pelaksanaan manajemen ini meliputi keterlibatan aktif guru, komunikasi yang baik dengan orang tua, serta lingkungan sekolah yang inklusif. Sementara itu, faktor penghambatnya mencakup keterbatasan jumlah guru dan belum tersedianya fasilitas khusus yang memadai untuk menunjang pembinaan disiplin secara optimal.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Education > Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Akun Publik Repository |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 06:21 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 06:21 |
| URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5320 |
