Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Sebagai Upaya Pelestarian Kearifan Lokal di Madrasah Aliyah Swasta Alkhairaat Biromaru

Hardiyanti, Siti Rahma (2025) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Sebagai Upaya Pelestarian Kearifan Lokal di Madrasah Aliyah Swasta Alkhairaat Biromaru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI RAHMA HARDIYANTI .pdf] Text
SKRIPSI RAHMA HARDIYANTI .pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Madrasah Aliyah Swasta Alkhairaat Biromaru telah berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi nyata dalam pelestarian kearifan lokal, yaitu: a) Berkebinekaan Global, tari Pamonte menjadi sarana menanamkan nilai kebhinekaan melalui pengenalan dan pelatihan budaya daerah. b) Gotong Royong, pementasan tari tersebut melatih
peserta didik untuk bekerja sama, saling membantu, dan membangun solidaritas. c) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, guru berhasil menanamkan sikap religius dan akhlak mulia dengan mengaitkan pelestarian budaya pada nilai Pancasila dan ajaran Islam. 2. Faktor pendukung implementasi Proyek P5 dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MAS Alkhairaat Biromaru adalah adanya komitmen kuat dari guru dan kepala madrasah, terjalinnya kerja sama yang baik antarpendidik, serta dukungan terhadap
pembelajaran budaya lokal melalui latihan tari Pamonte. Adapun faktor penghambatnya yaitu penerapan masih sebatas pengenalan dasar dan belum mendalam, sehingga kegiatan budaya cenderung hanya dilaksanakan menjelang acara besar dan belum bisa berjalan secara rutin serta berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Nov 2025 06:26
Last Modified: 28 Nov 2025 06:26
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5323

Actions (login required)

View Item
View Item