Persepsi Guru Terhadap Supervisi Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MTs Nurul Khairat Surumana Kab. Donggala

Ramadhan, Sahrul (2025) Persepsi Guru Terhadap Supervisi Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MTs Nurul Khairat Surumana Kab. Donggala. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skripsi Sahrul Nim. 21.1.03.0032pdf.pdf] Text
Skripsi Sahrul Nim. 21.1.03.0032pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi guru terhadap pelaksanaan supervisi di MTs Nurul Khairat Surumana Kab. Donggala memberikan dampak positif terhadap peningkatan profesionalisme guru, khususnya dengan hal perencanaan pembelajaran, strategi mengajar, dan refleksi praktik mengajar, supervisi masih perlu ditingkatkan dalam aspek konsistensi jadwal, frekuensi kunjungan kelas, dan pelibatan aktif guru dalam proses refleksi. Dengan peningkatan di aspek-aspek tersebut, diharapkan pelaksanaan supervisi
dapat lebih optimal dan berdampak signifikan terhadap mutu pembelajaran di madrasah. (2) Supervisi yang dilakukan tidak hanya bersifat evaluatif, namun juga bersifat pembinaan yang mendorong guru untuk merefleksikan, meningkatkan metode pembelajarannya. Supervisi tersebut membantu dalam
perbaikan kualitas mengajar. Meskipun sebagian besar guru sudah memiliki pengalaman mengajar yang cukup lama. Pengawas madrasah juga berperan aktif dalam mendampingi guru memahami perangkat pembelajaran, kebijakan pendidikan terbaru, Serta memberikan informasi dan bimbingan terkait pelatihan profesional yang relevan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Nov 2025 06:42
Last Modified: 28 Nov 2025 06:42
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item
View Item