Bokau, Moh Zikri Alfairuz (2025) Penerapan Media Berbasis Video Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII F MTsN 1 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
skripsi wisudah 1 alhamdulillah.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis video animasi dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu pra-tonton, penayangan, dan pasca-tonton. Pada tahap pra-tonton guru memberikan pengantar, pada tahap penayangan peserta didik menyimak video animasi yang berisi mufrada<t, dan pada tahap pasca-tonton dilakukan kegiatan pengulangan serta latihan penggunaan mufrada<t. Penerapan
media ini membuat pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Nilai
pre-test menunjukkan mayoritas peserta didik berada pada kategori cukup, sedangkan nilai post-test menunjukkan sebagian besar peserta didik meningkat ke kategori baik
dan sangat baik. Dari 30 peserta didik, terdapat peningkatan signifikan pada penguasaan mufradat setelah menggunakan media video animasi. Hambatan yang ditemui adalah keterbatasan sarana, perbedaan kemampuan peserta didik, serta keterbatasan waktu, namun dapat diatasi dengan menyiapkan perangkat lebih awal, membimbing peserta didik secara intensif, dan mengelola waktu secara efektif.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Akun Publik Repository |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 07:09 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 07:09 |
| URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5342 |
