Lamala, Rizal YP (2025) Peran Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Kebudayaan Lokal Peserta Didik di SDN Inti Loru Kecamatan Biromaru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
SKRIPSI. RIZAL.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Peran guru dalam meningkatkan pemahaman kebudayaan lokal di SDN Inti Loru Kec. Biromaru meliputi tiga aspek utama. Pertama, guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran
kebudayaan lokal, baik di kelas dengan mengaitkan materi pelajaran pada unsur budaya daerah, maupun di luar kelas melalui kegiatan praktik langsung seperti latihan tari tradisional, didukung fasilitas sekolah seperti kostum tari. Kedua, guru bertindak sebagai pembimbing dan pendamping yang aktif memberikan arahan, memperbaiki gerakan siswa, menjelaskan nilai-nilai budaya, serta memastikan kesiapan siswa dalam menampilkan tarian daerah. Ketiga, guru berperan sebagai motivator dengan memberikan dorongan, pujian, penghargaan, dan penjelasan tentang pentingnya pelestarian budaya lokal, sehingga peserta didik lebih percaya diri dan bangga terhadap budayanya. 2) Kendala yang dihadapi meliputi
keterbatasan waktu pembelajaran di kelas sehingga pengenalan budaya daerah sering dilakukan secara singkat, serta minat dan partisipasi peserta didik yang tidak merata akibat pengaruh budaya modern, rendahnya dukungan orang tua, rasa malu, dan kurangnya kepercayaan diri
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Education > Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
| Depositing User: | Akun Publik Repository |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 07:10 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 07:10 |
| URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5344 |
