Pengaruh Selebgram Endorse, Iklan, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Shopee (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Datokarama Palu)

Hannan, Hizrah (2025) Pengaruh Selebgram Endorse, Iklan, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Shopee (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Datokarama Palu). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of skripsi_Hizrah Hannan_full fix pdf.pdf] Text
skripsi_Hizrah Hannan_full fix pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena meningkatnya penggunaan platform e-commerce, khususnya Shopee, di kalangan mahasiswa menunjukkan adanya perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja. Berbagai strategi pemasaran digital seperti selebgram endorse, iklan, dan online customer review menjadi upaya Shopee dalam menarik perhatian dan minat beli konsumen. Kondisi ini mendorong perlunya kajian mengenai efektivitas masing-masing strategi pemasaran tersebut terhadap keputusan pembelian, khususnya pada mahasiswa FEBI UIN Datokarama Palu. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup bagaimana pengaruh
selebgram endorse, iklan, dan online customer review baik secara simultan maupun parsial terhadap minat beli konsumen pada Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 80 responden menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dan dianalisis dengan SPSS melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, serta regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel
berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara parsial, selebgram endorse dan iklan berpengaruh signifikan, sedangkan online customer review tidak.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital berperan penting dalam membentuk minat beli konsumen. Selebgram endorse dan iklan terbukti efektif, sedangkan ulasan pelanggan secara daring belum sepenuhnya memberikan dampak yang kuat. Oleh karena itu, pelaku usaha
disarankan untuk tetap mengoptimalkan pemanfaatan influencer yang sesuai dengan karakteristik pasar serta memperbaiki strategi pengelolaan ulasan pelanggan agar lebih meyakinkan dan kredibel di mata konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Economy & Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 01 Dec 2025 05:53
Last Modified: 01 Dec 2025 05:53
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item
View Item