Pengaruh Persepsi Kemudahan, Promosi, Nilai Taksir Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk KCA (Kredit Cepat Aman) Di Pegadaian Cabang Palu Barat

Fitria, Dita (2025) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Promosi, Nilai Taksir Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk KCA (Kredit Cepat Aman) Di Pegadaian Cabang Palu Barat. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Dita Fitria.pdf] Text
Dita Fitria.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Promosi, Nilai Taksir, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk KCA
(Kredit Cepat Aman) Di Pegadaian Cabang Palu Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif kausal. Menggunakan teknik purposive sampling dan proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada Nasabah Pegadaian Cabang Palu Barat. Jumlah populasi 2.053 nasabah. Pengambilan sampel menggunakan metode slovin dan diperoleh 95 sampel. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa persepsi kemudahan secara parsial memberikan pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk KCA. Sebaliknya, promosi secara parsial menunjukkan arah hubungan yang positif dan signifikan secara statistik terhadap keputusan nasabah memilih produk KCA. Nilai taksir secara parsial menunjukkan arah hubungan yang positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk KCA. Kualitas produk secara parsial memberikan pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk KCA. Serta keempat variabel ini persepsi kemudahan, promosi, nilai taksir dan kualitas produk berpengaruh secara simultan
dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk KCA. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa strategi promosi memegang peranan penting dalam memengaruhi keputusan nasabah, sehingga Pegadaian perlu memperkuat kegiatan promosi yang lebih informatif, menarik, dan tepat sasaran.
Meskipun persepsi kemudahan, nilai taksir, dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan secara parsial, namun secara simultan seluruh variabel tersebut berkontribusi terhadap keputusan nasabah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan terpadu yang memperhatikan semua aspek layanan, guna meningkatkan daya tarik dan efektivitas produk KCA dalam menjawab kebutuhan dan preferensi nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Economy & Business
Economy & Business > Islamic Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 01 Dec 2025 05:58
Last Modified: 01 Dec 2025 05:58
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5365

Actions (login required)

View Item
View Item