Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor melalui Model Cooperative Learning pada Kelas VII di SMP Negeri 13 Sigi

Ramadhani, Tri (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor melalui Model Cooperative Learning pada Kelas VII di SMP Negeri 13 Sigi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI_TRI_pdf.pdf] Text
SKRIPSI_TRI_pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang tampak pada: (1) siswa mulai mampu mengidentifikasi masalah terutama ketika dikaitkan dengan fenomena sehari-hari; (2) siswa lebih aktif dalam menganalisis informasi dan menghubungkannya dengan contoh nyata; (3) siswa berani memberikan alasan logis meskipun sebagian masih sederhana; (4) siswa mulai terbiasa mengevaluasi pendapat teman; (5) siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi meski masih memerlukan penguatan guru; (6) partisipasi dalam diskusi kelompok meningkat, meskipun beberapa siswa masih pasif; dan (7) terdapat kendala berupa perbedaan kemampuan, keterbatasan waktu, sarana prasarana, serta variasi motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 08 Dec 2025 04:03
Last Modified: 08 Dec 2025 04:03
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5375

Actions (login required)

View Item
View Item