Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Isam dan Budi Pekerti Peserta Didik di SMP Negeri 1 Palu

Sulistyawati, Sulistyawati (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Isam dan Budi Pekerti Peserta Didik di SMP Negeri 1 Palu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of TESIS SULISTYAWATI LENGKAP.pdf] Text
TESIS SULISTYAWATI LENGKAP.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Palu dilakukan melalui penerapan strategi pembelajaran yang beragam dan kontekstual. Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan metode seperti Make a Match untuk meningkatkan interaksi antar
peserta didik, Project-Based Learning (PjBL) untuk mendorong pemikiran kritis dan kolaboratif, serta Market Place Activity secara khusus memberikan ruang bagi peserta didik untuk berperan aktif. Strategi ini terbukti meningkatkan keaktifan peserta didik secara fisik dan mental, tercermin dari keterlibatan aktif dalam diskusi, kemampuan mengemukakan pendapat, dan keberanian bertanya. Di sisi lain, kreativitas peserta didik berkembang melalui tugas-tugas berbasis proyek, pembuatan karya edukatif, serta kebebasan dalam menyusun ide-ide orisinal yang terkait dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 08 Dec 2025 04:14
Last Modified: 08 Dec 2025 04:14
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5380

Actions (login required)

View Item
View Item