Ladjiham, Idhar (2025) Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Banggai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
TESIS IDHAR LADJIHAM PDF.pdf
Download (7MB)
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran Akidah Akhlak dilaksanakan dengan beberapa mekanisme yaitu integrasi nilai moderasi dalam Kurikulum merdeka, keteladanan pendidik, dan pengembangan budaya madrasah. Dampak implementasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap sikap dan perilaku peserta didik di MAN Banggai, dapat dilihat dari perubahan kognitif (pengetahuan), yaitu meningkatnya pemahaman moderasi beragama, kemampuan mengidentifikasi sikap ekstremisme
dan fanatisme, pemahaman keragaman mazhab dan pemikiran dalam Islam, perubahan apektif (sikap) contohnya: Toleransi terhadap perbedaan , saling menghargai, berkurangnya sikap fanatisme dan menguatnya sikap moderat dalam beragama, Perubahan Psikomotorik (Perilaku) yaitu meningkatnya perilaku inklusif, kemampuan menyelesaikan konflik secara damai, dan keterlibatan dalam kegiatan sosial lintas kelompok. Faktor pendukung implementasi nilai-nilai
moderasi beragama melalui pembelajaran akidah akhlak di MAN Banggai yaitu, kualitas pendidik yang profesional, budaya religius madrasah, dan fasilitas di madrasah yang memadai sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan di
luar madrasah yang tidak kondusif, seperti menganggap mereka yang palng benar, pengaruh media sosial, dan kurangnya literasi pada peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
| Depositing User: | Akun Publik Repository |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:12 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:12 |
| URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/5441 |
