Iradanriani, Iradanriani (2019) Strategi Pemasaran Teh Daun Kelor Oleh UKM Mutiara Kartika Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Diploma thesis, IAIN Palu.
IRA DANRIANI.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) UKM Mutiara Kartika melakukan strategi pemasaran yang meliputi strategi produk, harga, distribusi, promosi, di mana masing-masing strategi tersebut memiliki langkah-langkah untuk memperlancar proses pemasaran, 2) Dalam perspektif ekonomi Islam, UKM Mutiara Kartika menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam memasarkan produk, yaitu memperhatikan empat faktor kunci keberhasilan dalam bisnis yang terpenting seperti, kejujuran (Shiddiq), Amanah (terpercaya), Fatanah (cerdas/pemimpin), Tablig (komunikatif), 3) Hambatan yang dialami dalam strategi pemasaran teh daun kelor oleh UKM Mutiara Kartika ini berkaitan dengan sumber bahan baku teh daun kelor, dimana awalnya mulanya membuka usaha ini terjadi masalah karena kurangnya mendapatkan bahan baku daun kelor yang dijual di tempat-tempat terse but terutama di Parigi Moutong. Akan tetapi seiring perkembangannya dari waktu ke waktu daun kelor ini mudah didapatkan karena UKM Mutiara Kartika mulai mensosialisasikan kepada masyarakat tentang daun kelor yang bisa diolah menjadi teh daun kelor. Selain itu juga berkaitan dengan tingkat harga teh daun kelor yang ditetapkan oleh UKM Mutiara Kartika, yang relatif lebih mahal dibanding dengan teh pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Economy & Business > Marketing Economy & Business > UMKM / SMESCO |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 01:51 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 01:51 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1140 |