Kasmiati, Kasmiati (2022) Perencanaan Pembelajaran Nilai Multikultural Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1): 45. pp. 492-504. ISSN 2549-8959
Similarity_Perencanaan_Pembelajaran_Nilai_Multikultural_Anak_.pdf
Download (3MB)
PeerReview_perencanaan pembelajaran nilai multikultural aud.pdf
Download (703kB)
Abstract
PAUD Karuna Dipa Palu merupakan satuan pendidikan anak usia dini yang mengintegrasikan nilai multikultural dalam kegiatan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran di PAUD Karuna Dipa Palu didesain untuk menginternalisasikan nilai multikulturalisme. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran nilai multukultural yang dilakukan PAUD Karuna Dipa Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, yaitu penelitian yang mengkaji fenomena perencanaan pembelajaran nilai multikultural dengan fokus mengekspos fenomena tersebut. Hasil penelitiannya adalah perencanaan pembelajaran multikultural di disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang perencanaan dan bahan pembelajaran multikulturalnya disusun dalam bentuk RPPM yang berbasis nilai multikultural dan dikembangkan melalui RPPH. RPPM dan RPPH menjadi dasar perencanaan pembelajaran yang memuat kompetensi inti dan kompetensi dasar dengan menggunakan model pembelajaran tematik terpadu. Penyusunannya dilakukan dengan menetapkan RPPH dengan mengacu pada RPPM yang berisi waktu kegiatan belajar, materi belajar, materi pembiasaan, alat, media, sumber belajar, dan kegiatan yang menginternalisasikan nilai multikultural
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan pembelajaran; Nilai multukultural; Anak usia dini. |
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Analis Kepegawaian |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 15:47 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 15:47 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1565 |