Ali, Musyafa and Kasmiati, Kasmiati and Kurniawan, Heru (2021) Pola Komunikasi Pembelajaran Antara Guru dan Orang Tua di Masa Pandemi Covid-19. Heutagogia : Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2): 6. pp. 65-78. ISSN p-ISSN: 2809-7769 ; e-ISSN: 2798-3579
PeerReview_pola komunikasi pembelajaran antara guru dan orang tua.pdf
Download (683kB)
Similarity_Pola_Komunikasi_Pembelajaran_Antara_Guru_dan_Orang.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pembelajaran antara guru dan orang tua di PAUD Wadas Kelir khususnya di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga metode yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahap, yakni reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi pembelajaran antara guru dan orang tua yakni ada empat pola yang mana setiap pola memiliki lambang bahasa dan media yang berbeda. Adapun yang digunakan oleh guru yakni 1) pola komunikasi primer dengan menggunakan lambang bahasa verbal dan non verbal, 2) pola komunikasi sekunder dengan menggunakan media sosial ataupun media cetak. 3) pola komunikasi linier, dan 4) pola komunikasi sirkuler.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi; Orang tua dan guru; Covid-19 |
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Analis Kepegawaian |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 07:50 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 07:50 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1594 |