Hatta, Fakhrurrozi and Masturah, Minabari MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF “TARBIYATUL ISLAMIYAH” SEBAGAI PENGUATAN EMPAT PILAR PENDIDIKAN. LP2M IAIN Palu. (Unpublished)
dummi book.docx
Download (22kB)
dummy book2.docx
Download (55kB)
BAB I.docx
Download (32kB)
BAB II.docx
Download (51kB)
BAB III.docx
Download (31kB)
BAB IV.docx
Download (70kB)
BAB V.docx
Download (21kB)
Abstract
Integrasi kurikulum merupakan salah satu aspek pengembangan kurikulum dalam dunia pendidikan. Aplikasi integrasi kurikulum akan selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum diperlukan agar output pendidikan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja dan kehidupan masyarakat. Empat pilar pendidikan sebagai pondasi pendidikan secara global merupakan format pendidikan yang bertujuan menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat, dengan memberikan keterampilan dan kecakapan hidup pada peserta didik. Penelitian ini berupaya menemukan konsep integrasi kurikulum yang berguna untuk memperkaya literasi khazanah intelektual dalam dunia pendidikan.
Pentingnya integrasi kurikulum Pendidikan Islam pada sekolah umum berdasarkan kondisi riil Pendidikan di Indonesia, yang memiliki pekerjaan rumah berupa penguatan karakter sosial dan relijius siswa. Penguatan karakter menjadi poin utama dalam Pendidikan di Indonesia sebagai penguat generasi muda yang menjadi pilar negara di masa yang akan datang.
Buku kecil di hadapan pembaca ini merupakan bacaan ringan tentang manajemen kurikulum pendidikan Islam yang diintegrasikan dalam pembelajaran di sekolah. Harapan penulis, semoga buku ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menambah khazanah intelektual di Indonesia. Penulis sadar dengan sepenuh hati jika buku ini masih penuh dengan kekurangan, hanya saja penulis berharap kajian dalam buku ini dapat memantik diskusi dan penelitian lain pada masa yang akan datang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan |
Depositing User: | Pusat Penelitian UIN Datokarama Palu |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 11:37 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 11:37 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1633 |