Tipologi Pemikiran Pendidikan Indonesia: Telaah Historis-Filosofis Pendidikan K. H. Ahmad Dahlan dan K. H. Hasyim Asy’ari

Malla, Hamlan Andi Baso and Markarma, Andi and Herlina, Herlina and Misnah, Misnah (2019) Tipologi Pemikiran Pendidikan Indonesia: Telaah Historis-Filosofis Pendidikan K. H. Ahmad Dahlan dan K. H. Hasyim Asy’ari. Nosarara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7 (2). pp. 229-241. ISSN 2614-2554 (Submitted)

[thumbnail of Peer review] Text (Peer review)
Tipologi Pemikiran Pendidikan IndonesiaTelaah Historis-Filosofis Pendidikan K. H. Ahmad Dahlan dan K. H. Hasyim Asy’ari.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of hasil tes plagiasi] Text (hasil tes plagiasi)
Tipologi Pemikiran Pendidikan Indonesia Telaah Historis-Filosofis Pendidikan K. Ahmad Dahl..pdf

Download (213kB)

Abstract

Kajian ini menelaah pemikiran dua tokoh pendidikan di Indonesia; KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari, menggunakan analisis kualitatif dengan paradigma historis filosofis. Tulisan ini menghasilkan temuan; (1) KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari telah berhasil meletakkan dasar pendidikan di Indonesia berbasis keislamaan yang tetap sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman (al-muhafazhah alal qadim as-Shalih wal akhdu al-jadid al-aslah). (2) Pemikiran pendidikan kedua tokoh ini berhasil mewarnai dan menentukan arah dan tipologi pendidikan di Indonesia yang bercorak tradisionalis-konservatif, reformis-modernis, radikal-puritan, dan nasionalis-sekuler sebagai kontribusi pemikaran bagi pendidikan di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemikiran historis, ahmad dahlan, hasyim asy'ari
Subjects: Pemikiran Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 04 Dec 2022 07:46
Last Modified: 04 Dec 2022 07:46
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item
View Item