Hamka, Hamka (2022) Konsep Pendidikan Multikultural Berbasis Sufisme dalam Pendidikan Islam. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu.
ABSTRAK.pdf
Download (135kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (100kB)
Daftar Tabel dan Gambar.pdf
Download (100kB)
ABSTRAK.pdf
Download (135kB)
BAB I edit (Recovered).pdf
Download (597kB)
BAB II edit.pdf
Download (451kB)
Bab III final.pdf
Download (821kB)
BAB IV edit (Recovered).pdf
Download (657kB)
BAB V.pdf
Download (69kB)
DAFTAR PUSTAKA2 (Recovered).pdf
Download (276kB)
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pendidikan multikultural membutuhkan konstruksi filosofis baru jika diterapkan dalam pendidikan Islam karena dua alasan, yaitu: a) pendidikan multikultural, secara historis, lahir sebagai respon masyarakat Barat terhadap situasi dan kondisi masyarakatnya yang berbeda dengan situasi dan kondisi masyarakat muslim; b) multikulturalisme, baik sebagai ideologi, filsafat atau pun kebijakan publik berbasis pada humanisme sekuler. Hal ini berbeda dengan pandangan Islam yang memandang manusia sebagai makhluk transenden. Kedua, sufisme yang dapat dijadikan sebagai dasar filosofis konstruksi pendidikan multikultural adalah sufisme positif. Ketiga, konstruksi pendidikan multikultural berwawasan sufistik dibangun dengan berpijak pada konsep mutlikulturalisme sufistik sebagai dasar filosofisnya, sehingga melahirkan rancang bangun Pendidikan Islam Multikultural, yang bertujuan menanamkan multikulturalisme sufistik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Multikulturalisme, Sufisme |
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Doctoral Islamic Education |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 04:01 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 04:01 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1736 |