Faozia, Faozia and Adawiyah, Adawiyah and Ubadah, Ubadah (2022) Manajemen Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Mts Negeri 2 Kota Palu di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1 (1). pp. 69-79. ISSN 2828-8564
Manajemen_Pengembangan_Kurikulum_Mata_Pelajaran_Pe.pdf
Download (2MB)
Abstract
Manajemen pengembangan kurikulum mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam bentuk perencanaan, implementasi dan evaluasi pada kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi menjadi problematika guru khususnya guru yang membawakan mata pelajaran pendidikan agama Islam, berkaitan pembelajaran ditengah pandemik, guru sebagai pendidik dituntut tetap memiliki kemampuan dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan Islam yang terkait dengan kemampuan siswa dalam pembinaan akhlak, baca tulis Al-qur’an, materi pendidikan agama lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perencanaan Manajemen Pengembangan Kurikulum Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palu Masa Pandemi Covid-19, Untuk mengetahui Implementasi Manajemen Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palu masa pandemi Covid-19 dan Untuk mengetahui Evaluasi Manajemen Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyan Negeri 2 Kota Palu masa pandemi Covid-19. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneletian kualitatif. Sebagaimana tahapannya dengan observasi, permohonan izin untuk meneliti, mengambil data sekolah dan melakukan wawancara. Sumber data diperoleh dari data primer (secara langsung) adalah hasil dari fiel research (penelitian lapangan). Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan interview, observasi, dan dokumentasi. Perencanaan kurikulum dilakukan pada awal tahun ajaran dengan mengadakan rapat di madrasah, hasil evaluasi kurikulum yang dilaksanakan tiap akhir tahun. Implementasi kurikulum dimasa pandemi Covid-19 ini pelaksanaan di MTs Negeri 2 ini disesuaikan dengan hasil kesepakatan dan penyusunan oleh tim pengembang kurikulum yang dibentuk dalam bentuk kepanitian. Evaluasi kurikulum dilaksanakan diakhir tahun ajaran dengan mengadakan rapat evaluasi kurikulum bersama seluruh dewan guru dan staff sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) Education > Theory and practice of education > Curriculum |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 03:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 03:30 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1751 |