Peran Dan Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0

Bahrurruzi, Ahmad Saiful and Ubadah, Ubadah and Hasnah, Sitti (2022) Peran Dan Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0. In: Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, 4 - 5 Juli 2022, Pascasarjana UIN Datokarama Palu.

[thumbnail of Hasil uji plagiasi] Text (Hasil uji plagiasi)
Peran_Dan_Tantangan_Guru_Pendidikan_Agama_Islam_Di.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tantangan dan upaya seorang guru pendidikan agama islam dalam menghadapi era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis) serta dengan menggunakan pendekatan hermeneutic. Artikel ini menghasilkan beberapa temuan diantaranya: tantangan yang akan di hadapi oleh guru pendidikan islam, diantaranya: Potensi individualitas yang tinggi, Adu kecepatan, Kepiawaian dalam IT, Kemampuan dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi dan munculnya pemahaman ganda. Disamping itu pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya dan kebijakan untuk masalah kualifikasi guru diantaranya dengan tugas belajar dan izin belajar serta bantuan belajar bagi guru. Namun karena penyebarannya tidak merata dan tidak adanya pengawasan yang ketat, maka kebijakan itu hanya berlaku bagi guru-guru yang berusia muda sementara guru-guru yang sudah tidak muda lagi hanya bisa bertahan hingga menunggu pensiun dengan kualitas seadanya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:01
Last Modified: 31 Jan 2023 03:01
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item
View Item