EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE CERAMAH DAN KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK NEGERI 3 PALU

WATI, ANUR DILI (2018) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE CERAMAH DAN KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK NEGERI 3 PALU. Other thesis, Institut Agama Islam Negri.

[thumbnail of ANUR DILI WATI, EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE CERAMAH DAN KERJA.pdf] Text
ANUR DILI WATI, EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE CERAMAH DAN KERJA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Hasil peneltian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwasannya
metode cermah dan kerja kelompok merupakan salah satu metode yang diterapkan
pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Palu dan dengan
disediakannya media pendukung belajar yang mana akan membantu peserta didik
yang kurang senang atau malas serta sulit memahami meteri yang disampaiakan
oleh guru. metode ceramah dan metode kerja kelompok ini, memiliki langkah�langkah yang berbeda dimana metode ceramah lebih kepada penjelasan sebagai
contoh untuk materi tauhid adalah sangat tepat sedangkan langkah-langkah
metode kerja kelompok memilih teman yang cocok untuk tergabung dalam
kelompok yang terdiri dari 3-5 peserta didik, menentukan waktu dan tempat,
menetapkan ketua kelompok. Gabungan dari kedua metode ini pun tidak terlapas
dari kelebihan dan kekurangan masing-masing metode. Kemudian menyimpulkan
adanya faktor kendala dan hambat dalam menerapkan metode ceramah dan kerja
kelompok, kurangnya buku yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam,
rendahnya pemahaman guru dan peserta didik tentang metode ceramah dan
metode kerja kelompok dan kemampuan peserta didik yang bebedah-bedah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikram Ikram
Date Deposited: 03 May 2021 02:55
Last Modified: 03 May 2021 02:55
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item
View Item