Adaptasi Pembelajaran agama Islam selama Pandemi Covid -19 di Sekolah Dasar Islam Terpadu

Jihan Abdullah, Jihan (2022) Adaptasi Pembelajaran agama Islam selama Pandemi Covid -19 di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Adaptasi Pembelajaran agama Islam selama Pandemi Covid -19 di Sekolah Dasar Islam Terpadu, 7 (2): 14. pp. 295-309. ISSN 2549-8940

[thumbnail of 8634-23202-3-PB.pdf] Text
8634-23202-3-PB.pdf

Download (314kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada pendidikan di Indonesia yang menyebabkan
sistem pembelajaran tatap muka di sekolah menjaadi pembelajaran jarak jauh di rumah. Dalam
pembelajaran selama pandemi ini pendidik menggunakan media online yang dapat membantu
peserta didik di rumah, salah satunya digunakan dalam pembelajaran agam islam. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui adaptasi dari pembelajaran agama islam selama masa
Covid-19 di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Metode penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan model survey dan wawancara secara mendalam. Survey yang digunaan pada
penelitian ini adalah melalui media online. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dan pendidik
dalam proses pembelajaran agama islam mampu beradaptasi dengan teknologi dan media
pembelajran yang ada pada selama pandemi Covid-19. Kesimpulan penelitian ini adalah
pembelajaran agama islam dapat dilakukan secara daring pada masa Covid-19 melalui media
pembelajaran online. Keterbatasan penelitian ini hanya melakukan penelitian tentang adaptasi
pembelajaran agama islam selama pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Islam Terpadu, oleh
karena itu peneliti berharap agar peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian tentang adaptasi
mata pelajaran lain pandemi Covid-19 ditingkat pendidikan lainnya.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:54
Last Modified: 16 Jun 2023 01:54
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item
View Item