Implementasi metode struktural analitik sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca peserta didik di SDN Inpres Porame Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi

Muliyanti, Muliyanti (2023) Implementasi metode struktural analitik sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca peserta didik di SDN Inpres Porame Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Muliyanti Skripsi keseluruhan.pdf] Text
Muliyanti Skripsi keseluruhan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implemetasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca peserta didik di SDN Inpres Porame Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca peserta didik di kelas 1 SDN Inpres Porame Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi? dan apa saja kendala dalam implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas 1 di SDN Inpres Porame Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) guru kelas 1 SDN Inpres Porame Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi, menggunakan berbagai macam media sebagai alat bantu. Media yang digunakan yakni media yang kongkret yaitu seperti media gambar dan media kartu huruf. Dalam implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) memiliki langkah-langkah berdasarkan dengan urutan yakni: (a) Struktural menuliskan kalimat utuh yang terdapat di dalam gambar. (b) Analitik yaitu, melakukan proses penguraian. (c) Sintetik yaitu, menggabungkan kembali kalimat yang telah diuraikan menjadi kalimat utuh. Implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca peserta didik di SDN Inpres Porame Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi, ada beberapa kendala yang dihadapi guru pada saat mengajar yang pertama, yaitu faktor orang tua, orang tua peserta didik selalu berdiri di depan pintu melihat anaknya belajar, sehingga pandangan peserta didik terbagi. Yang kedua, memerlukan waktu yang cukup banyak dalam implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), karena metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dilakukan secara berulang-ulang.
Implikasi dalam implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di SDN Inpres Porame Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi adalah peserta lebih bersemangat dalam belajar karena disertai dengan berbagai macam media, sehingga peserta didik tidak cepat bosan dan peserta didik dapat mengenal huruf-huruf abjad, kelancaran dalam pengungkapan, dan peserta didik mampu menyambungkan huruf ke dalam bentuk kata. Metode pembelajaran ini sangat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memudahkan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Struktural; Analitik Sintetik; Kemampuan Membaca
Subjects: Education > Education (General)
Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:30
Last Modified: 19 Jun 2023 02:30
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2183

Actions (login required)

View Item
View Item