Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina kebiasaan shalat berjamaah peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Palu.

Rahman, Taufiq (2022) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina kebiasaan shalat berjamaah peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of TAUFIQ RAHMAN_02110817045_PAI.pdf] Text
TAUFIQ RAHMAN_02110817045_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina kebiasaan shalat berjamaah peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Rumusan masalah dari tesis ini adalah 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina kebiasaan shalat berjamaah peserta didik? 2) Bagaimana bentuk-bentuk pembinaan kebiasaan shalat berjamaah di SMK Muhammadiyah 1 Palu?
Penelitian ini mengikuti paradigma kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research). Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan proses analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) adanya upaya guru pendidikan agama Islam yang cukup signifikan dalam membina kebiasaan pelaksanaan sholat secara berjamaah di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Hal ini dapat dilihat dari upayanya yaitu memberikan contoh atau teladan yang baik, memberikan nasehat, membangun kebiasaan, melatih kedisiplinan, serta memberikan motivasi kepada peserta didik untuk dapat terbiasa menjalankan ibadah sholat secara berjamaah di sekolah dan lingkungan masyarakat. 2) Bentuk-bentuk pembinaan kebiasaan shalat berjamaah di SMK Muhammadiyah 1 Palu yang sering diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam adalah pembinaan akhlak, penanaman budaya keagamaan, memantau dan mengevaluasi peserta didik dalam membina kebiasaan shalat berjamaah peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Palu. / This thesis discusses the efforts of Islamic religious education teachers in fostering the habit of praying together with students at SMK Muhammadiyah 1 Palu. The problem formulation of this thesis is 1) What are the efforts of Islamic religious education teachers in fostering the habit of praying together with students? 2) What are the forms of fostering the habit of praying in congregation at SMK Muhammadiyah 1 Palu?
This research follows a qualitative paradigm in the form of field research. The types of data in this study are primary data and secondary data collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis used descriptive qualitative method with the process of data reduction analysis, data presentation, and drawing conclusions.
The results showed that, 1) there was a significant effort of Islamic religious education teachers in fostering the habit of praying in congregation at SMK Muhammadiyah 1 Palu. This can be seen from his efforts, namely providing good examples or examples, providing advice, building habits, training discipline, and motivating students to get used to praying in congregation in schools and in the community. 2) The forms of fostering the habit of praying in congregation at SMK Muhammadiyah 1 Palu that are often applied by Islamic religious education teachers are moral development, inculcating religious culture, monitoring and evaluating students in fostering the habit of praying in congregation for students at SMK Muhammadiyah 1 Palu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam; membina; shalat berjamaah;
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:17
Last Modified: 20 Jun 2023 07:17
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item
View Item