penggunaan buku cerita bergambar pada pembelajaran di kelompok B tk nurul yakin desa Lunguto Kabupaten BUOL

irnawati, irnawati (2022) penggunaan buku cerita bergambar pada pembelajaran di kelompok B tk nurul yakin desa Lunguto Kabupaten BUOL. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SAMPUL IRNAWATI.docx] Text
SAMPUL IRNAWATI.docx

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan buku cerita bergambar dalam pembelajaran pada tingkat Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu cara yang cukup efektif hal ini karena disebabkan oleh penggunaan buku cerita yang memiliki gambar cukup menarik perhatian anak-anak usia dini untuk belajar. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Penggunaan Buku Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Di Kelompok B Tk Nurul Yaqin desa Lunguto Kabupaten Buol. (2) Apakah Penggunaan Buku Cerita Bergambar Efektif Pada Pembelajaran Di Kelompok B TK Nurul Yaqin desa Lunguto Kabupaten Buol dapat dengan mudah dipahami.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan lokasi penelitian bertempat di desa Lunguto Kabupaten Buol Tk Nurul Yaqin, dengan kehadiran peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian sekaligus pengumpulan data dan melakukan penelitian, penulis bertindak sebagai pengamat penuh yang mengamati tentang penggunaan buku cerita bergambar di Tk Nurul Yaqin desa Lunguto Kabupaten Buol, data dan sumber data ada data primer dan data sekunder, tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyanjian data, dan verifikasi data (kesimpulan data).
Berdasarkan hasil analisis yang digunakan penulis menyimpulkan bahwa : a) Penggunaan media buku cerita bergambar dilakukan oleh guru yang mejadi figur oleh anak-anak, dan apa yang disampaikan oleh guru akan dipatuhi dan ikuti oleh anak. Untuk menyampaikan media buku cerita bergambar guru-guru memakai dua metode yaitu metode tanya jawab dan metode bercerita, dan menyampaikan cerita dengan ekspresi yang beragam. b) Penggunaan media buku cerita bergambar efektif dalam perkembangan bahasa anak, karena dengan menggunakan media buku cerita bergambar anak dapat mengembangkan semua aspek bahasa termasuk kemampuan literasi pada anak yang terdiri dari dengar, cakap, dan tulis,.Selain itu anak dapat membedakan huruf-huruf abjad.
Implikasi penelitian yaitu untuk kepala sekolah lebih cerdas dalam mengelolah sarana dan prasarana yang ada dalam sekolah ini terutama media buku cerita bergambar, agar sarana dan prasarana sekolah memenuhi kriteria. Dan kepada guru diharapkan untuk meningkatkan kualitas mengajarnya tentang bagaimana cara menyampaikan cerita bergambar yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:23
Last Modified: 22 Jun 2023 04:23
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2219

Actions (login required)

View Item
View Item