Analisis swot dalam pengembangan usaha kopra putih melalui kelompok mevoli pasanggani di masa pandemi covid 19

sutriasmi, sutriasmi (2023) Analisis swot dalam pengembangan usaha kopra putih melalui kelompok mevoli pasanggani di masa pandemi covid 19. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SAMPUL_merged.pdf] Text
SAMPUL_merged.pdf

Download (17MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis SWOT dalam pengembangan usaha kopra putih melalui kelompok mevoli pasanggani di masa pandemic covid-19 dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana analisis SWOT pada pengembangan usaha kopra putih melalui kelompok mevoli pasanggani di masa pandemic covid-19?, Apa saja Faktor pendukung dan penghambat pada pengembangan usaha kopra putih melalui kelompok usaha mevoli pasanggani di masa pandemic covid-19?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni menggunakan instrument lapangan. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif, yaitu suatu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi kelompok mevoli pasanggani di desa Lompio kecamatan Sirenja kabupaten Donggala dalam mengelola usaha kopra putih berkembang positif hal ini ditunjukan dengan hasil produksi yang berkualitas. Faktor pendukung Usaha Kopra Putih Sumber daya alam yang banyak, Kualitas produk yang baik, Hubungan yang baik dengan SDM, Lokasi usaha yang strategis, dan Promosi melalui media internet. Faktor penghambat usaha Kopra Putih Perilaku kompetitif pesaing, Perubahan cuaca yang ekstrim, Modal yang kurang memadai, Pandemi Covid-19, dan Teknologi.
Dari kesimpulan yang diperoleh disarankan agar Kelompok Mevoli Pasanggani dipandang perlu adanya strategi yang bersifat intensif yaitu strategi untuk meningkatkan posisi dalam persaingan usaha, serta strategi yang bersifat diferensiasi yaitu strategi untuk meningkatkan kualitas produk atau melakukan inovasi baru demi menigkatkan nilai jual dari produk tersebut. Dan strateginya yaitu meliputi memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperluas jangkauan membuat promosi di iklan atau media sosial, meningkatkan kualitas produk dengan mempertahankan kualitas produk, meningkatkan kapasitas produksi, serta membangun kerja sama dengan pihak terkait, mengikuti pelatihan kerja, meningkatkan kekuatan modal, menggunakan peralatan usaha yang modern dan meningkatkan infrastruktur penunjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Pengembangan usaha
Subjects: Economy & Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:23
Last Modified: 22 Jun 2023 04:23
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item
View Item