Efektivitas Promosi Pada Sekolah MTS Terpadu An Nur Buuts Palu Dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Baru Pada Pasca Pandemi Covid-19

Hidayatullah, Rahmat (2023) Efektivitas Promosi Pada Sekolah MTS Terpadu An Nur Buuts Palu Dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Baru Pada Pasca Pandemi Covid-19. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of FINISHED SKRIPSI TULLAH.pdf] Text
FINISHED SKRIPSI TULLAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun di mana aspek pendidikan di Indonesia hampir lumpuh total. Secara umum proses promosi sangatlah penting di dalam memajukan suatu sekolah, Dalam hal ini sangat penting bagi lembaga untuk merancang proses promosi yang sistematis dan efektif, termasuk sekolah MTs Terpadu An Nur Buuts Palu. Hal itu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi minat calon peserta didik baru agar mendaftar di sekolah tersebut. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi terhadap minat calon peserta didik baru dan untuk mengetahui Efektivitas Promosi dalam meningkatkan Minat calon peserta didik baru. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survei, Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling, dengan jumlah responden yaitu 76 siswa MTs Terpadu An Nur Buuts Palu. Penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, dengan bantuan program SPSS versi 20, serta pengukuran Efektivitas Promosi menggunakan EPIC Model. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Uji T yang mendapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 kurang dari 0,05, yang artinya variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap Minat calon peserta didik baru. Dan uji Determinasi, diketahui bahwa besaran persentase yang dihasilkan yaitu nilai pada kolom R Square sebesar 0,351 atau terhitung 35,1%. Serta hasil dari skala perbandingan efektif yang menjelaskan bahwa Promosi pada sekolah MTs Terpadu An Nur Buuts Palu dinilai EFEKTIF dengan jumlah nilai 3,935 dari 5.00 yang merupakan nilai tertinggi. Kesimpulannya yaitu, variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap Minat calon peserta didik baru, selain itu hasil dari skala perbandingan efektif yang menjelaskan bahwa Promosi pada sekolah MTs Terpadu An Nur Buuts Palu dinilai EFEKTIF. Saran untuk penelitian ini, Jika ingin melakukan penelitian yang berkaitan diharapkan mengambil populasi dan lokasi penelitian yang lebih luas lagi dengan jumlah responden yang lebih bervariasi. Dengan demikian implikasi dalam penelitian ini adalah, MTs Terpadu An Nur Buuts Palu perlu meningkatkan minat calon peserta didik baru di Kota Palu, dengan meninjau promosi dan mengoptimalkannya Terutama pada dimensi persuation dan impact, sehingga lebih meyakinkan calon peserta didik baru kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: efektivitas; promosi; minat
Subjects: Economy & Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:07
Last Modified: 06 Jul 2023 05:07
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item
View Item