Masyhuri, Fahri (2023) implementasi metode jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran di taman pendidikan al-qur,an (TPA) salman pengairan kelurahan birobuli utara kota palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
Fahri Masyhuri_171010014_Pendidikan Agama Islam.pdf
Download (10MB)
Abstract
Hasil penelitian menujukkan bahwa Implementasi Metode Jibril di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Salman Pengairan memiliki beberapa tingkatan dalam pengimplementasiannya yaitu tingkat pemula, yang sama sekali belum mengenal huru-huruf hijaiyah dan tidak selalu terikat dengan anak usia tertentu namun umumnya dimulai dari anak usia 5-12 tahun. Tingkat menengah, Yaitu peserta didik yang telah mengenal huruf Arab dan bisa membacanya walaupun belum lancar juga peserta didik yang telah mampu membaca dengan lancar tapi tidak bisa menghafalkan dengan baik dan benar. Tingkat lanjutan, yaitu peserta didik yang membaca Al-Qur’an dan bacaannya tidak miring dan memahami dasar-dasar ilmu tajwid Secara teoritis dan mampu mempraktekkan saat membaca Al-Qur’an. Metode Jibril memiliki kelebihan yaitu bersifat fleksibel, kondisional dan mudah diterapkan oleh guru. Sedangkan kekurangannya yaitu Beberapa peserta didik mempunyai kemampuan dasar yang lamban dalam proses menerima pembelajaran, kurangnya tenaga pendidik dan waktu yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:39 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 03:39 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2376 |