Misnah, Misnah and Supriatna, Nana and Malla, Hamlan Andi Baso (2021) Integrating Nosampesuvu Values in History Learning as a Conflict Resolution in Central Sulawesi. Paramita: Historical Studies Journal, 31 (1). pp. 129-138. ISSN 0854-0039
Integrating Nosampesuvu Values in History Learning as a Conflict Resolution in Central Sulawesi.pdf
Download (492kB)
Integrating_Nosampesuvu_Values_in_History__Learnin.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal Suku Nosampesuvu Suku Kaili dan mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam pembelajaran sejarah di SMAN 2 sebagai penyelesaian konflik di Sigi, Sulawesi Tengah. Secara metodologis, penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan etnografi. Hasil kajian etnografi nilai-nilai kearifan lokal Nosampesuvu diintegrasikan ke dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui model Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan temuan data etnografi nilai-nilai kearifan lokal kelompok Kailiethnic Nosampesuvu dalam integrasi budaya Toleransi (Mosipahami Patuju) ke dalam nilai-nilai agama dan nilai-nilai sosial / kerjasama. Keunikan kearifan lokal kelompok Kailiethnic Nosampesuvu dikembangkan dalam proses pembelajaran sejarah lokal yang diwujudkan dalam nilai-nilai budaya, kerukunan, santun, santun, ramah, bertanggung jawab, nilai-nilai kejujuran, dan toleransi. Hasil integrasi menemukan bahwa pertama, terjadi peningkatan aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Kedua, ada peningkatan hasil belajar siswa. Ketiga, sikap siswa terhadap nilai-nilai Nosampesuvu setelah melaksanakan pembelajaran kearifan lokal secara signifikan lebih baik dibandingkan sebelum pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian penerapan nilai-nilai kearifan lokal Nosampesuvu dalam mata pelajaran sejarah lokal berhasil dilaksanakan.Â
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) Education > History of education |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 06:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 06:56 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2488 |