Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Al-Qur'an Hadis Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu

Bukoting, Chairunnisa (2022) Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Al-Qur'an Hadis Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of SKRIPSI CHAIRUNNISA BUKOTING NIM. 18.1.01.0048.pdf] Text
SKRIPSI CHAIRUNNISA BUKOTING NIM. 18.1.01.0048.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berangkat dari rumusan masalah: Apakah ada pengaruh game online terhadap minat belajar Al-Qur'an Hadis pada peserta didik di MAN 2 Kota Palu?

Penelitian ini menggubakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil populasi 144 peserta didik di MAN 2 Kota Palu. Sampel Penelitian berjumlah 50 peserta didik dengan menggunakan teknik non-random sampling atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik dan ciri-ciri tertentu agar dapat mendapatkan sampel yang sesuai dengan penelitian. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket/kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisis Data yang digiunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh game online terhadap minat belajar Al-Qur'an Hadis pada pesertya didik di MAN 2 Kota Palu. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji hipotesis baik melalui uji F maupun uji t, sedangkan perolehan koefisien dterminasi sebesar 0.509 atau 50,9% berpengaruh negatif, artinya semakin sering peserta didik bermain game online maka minat belajar peserta didik akan menurun. Sebesar 50.9% merupakan faktor variabel x yang mempengaruhi variabel Y, dan yang tidak diteliti diantaranya faktor kepribadian, faktor teman sebaya, faktor motivasi dan keluarga yang menyumbang sebsar 40.1%. Hal ini9 juga didukung hasil wawancara bahwa ada pengaruh game online terhadap minat belajar Al-Qur'an Hadis Pada Peserta didik di MAN 2 Kota Palu.

Dari Kesimpulan yang diperoleh disarankan agar guru dan orangtua dapat bekerja sama agar peserta didik tidak kecanduan dalam bermain game omline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peserta didik; game online; minat belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:44
Last Modified: 29 Aug 2023 03:44
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2495

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item