Analisis Kesulitan Belajar Qira’ah Pada Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Al-Khairaat Biromaru

Chanra, Mohamad (2023) Analisis Kesulitan Belajar Qira’ah Pada Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Al-Khairaat Biromaru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skripsi Mohamad Chanra.pdf] Text
Skripsi Mohamad Chanra.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil penelitian ini ditemukan faktor-faktor kesulitan belajar qiraah, diantaranya sebagai berikut: (1) faktor internal dipengaruhi oleh tidak bisanya peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Faktor kedua, (2) faktor eksternal yang dimana dipengaruhi oleh cara mengajar guru yang terlalu cepat dalam menjelaskan pembelajaran qira’ah.
Kesimpulan dari penelitian ini di dapatkan faktor-faktor kesulitan belajar qira’ah dan juga solusi dari kesulitan belajar qira’ah yaitu : (1) faktor Internal, yang dipengaruhi oleh tidak bisanya peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Dan (2) faktor eksternal yang dimana dipengaruhi oleh cara mengajar guru yang terlalu cepat dalam menjelaskan pembelajaran qiraah. Solusi (1), pada masalah guru yang terlalu cepat untuk mengajar yang dimana salah satu narasumber mengatakan bahwa guru harus merubah teknik mengajar, ketika melihat peserta didik kesulitan di dalam menangkap pembelajaran yang disampaikan, dan memperlambat lambat tempo didalam mengajar. (2) solusi untuk yang belum bisa baca Al-Qur’an atau masih belum lancar membacanya maka sekolah memberikan program khusus setiap hari Ahad untuk mengelompokkan peserta didik baik yang masih iqra maupun yang sudah Al-Qur’an untuk fokus mengaji di hari itu, dan peserta didik harus selalu diberikan motivasi untuk terus mengaji baik dirumah maupun disekolah sampai mereka bisa membaca Al-Qur’an agar peserta didik mudah untuk mempraktekkan atau belajar Qira’ah.
Implikasi dari penelitian ini adalah guru bahasa Arab harus selalu lebih kreatif, inovatif, dan intergratif dalam teknik pembelajarannya tidak terlalu monoton dan tidak terlalu terburu-buru dalam menjelaskan maupun membaca kosakata-kosakata bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:15
Last Modified: 20 Sep 2023 03:15
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item
View Item