Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Huruf Pada Kelompok A Melalui Metode Bercerita di TK Thayyibah Limran Kecamatan Tawaeli

Wulandari, Wulandari (2022) Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Huruf Pada Kelompok A Melalui Metode Bercerita di TK Thayyibah Limran Kecamatan Tawaeli. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of REVISI SKRIPSI wulandari.pdf] Text
REVISI SKRIPSI wulandari.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berkenaan dengan peran guru dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Huruf Pada Kelompok A Melalui Metode Bercerita di TK Thayyibah Limran Kecamatan Tawaeli. Dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan pelafalan huruf pada kelompok A melalui metode bercerita di TK Thayyibah Limran Kecamatan Tawaeli. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam dalam meningkatkan kemampuan pelafalan huruf pada kelompok A melalui metode bercerita di TK Thayyibah Limran Kecamatan Tawaeli.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mana peneliti secara langsung terlibat di lapangan. Tehnik pengumupulan data yang digunkaan dalam penelitian in yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan Tehnik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam dalam meningkatkan kemampuan pelafalan huruf pada kelompok A melalui metode bercerita yaitu guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak, guru menggunakan cerita yang menarik, guru menggajarkan kesopanan, kemandirian, dan akhlak mulia, guru bertanya dan memberikan kesempatan anak untuk bercerita. Adapun faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kemampuan pelafalan huruf di antaranya: 1) Anak Kuran Fokus 2) media bercerita kurang memadai 3) gangguan perkembangan bahasa.
Implikasi penelitian yang pertama, ditujukan kepada pembaca agar dapat menambah wawasan dan ilmunya. Kedua, bagi kepala sekolah diharapkan untuk memperhatikan sarana dan prasarana pembelajaran. Ketiga, bagi pendidik kiranya lebih meningkatkan kualitas mengajar dan meningkatkan kreativitas dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TK Karya Thayyibah Limran; pelafalan huruf pada anak; palu
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:22
Last Modified: 30 Oct 2023 02:22
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item
View Item