Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Bidang Studi Bahasa Arab Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Tawaeli

Dayana, Putri (2023) Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Bidang Studi Bahasa Arab Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Tawaeli. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of PUTRI DAYANA.pdf] Text
PUTRI DAYANA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa minat belajar
tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berbahasa Arab peserta didik
sebagaimana yang ditujukkan oleh nilai t hitung sebesar 1.413 < nilai t tabel
sebesar 1.993 dengan taraf signifikansi sebesar 0.162 > 0.05. Sedangkan motivasi
belajar berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kemampuan
berbahasa Arab peserta didik. Hal ini berdasarkan nilai t hitung sebesar 6.052 > t
tabel sebesar 1.993 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Hasil estimasi
analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa minat dan motivasi belajar
berpengaruh secara simultan terhadap kemampuan Berbahasa Arab siswa
Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Tawaeli. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F
hitung 28.742 > nilai F tabel 3.122 dengan taraf signifikansi 0.000 < 0.05.
Sementara koefisien determinasi (Adjust R2) sebesar 0,425.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:31
Last Modified: 30 Oct 2023 02:31
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item
View Item