Peran Penggunaan Teknik Ice Breaking Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Sigi

Febrianti, Putri (2023) Peran Penggunaan Teknik Ice Breaking Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Sigi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran penggunaan teknik ice breaking dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sigi. pokok permasalahan yaitu : 1. bagaimana penerapan teknik ice breaking pada pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Sigi. 2. apakah penggunaan teknik ice breaking dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pekajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Sigi.
Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh penulis dalam penelitian ini adalah :1. penerapan teknik ice breaking dilakukan ketika peserta didik mengalami kejenuhan dalam belajar, adapun jenis ice breaking yang digunakan yaknik jenis tepuk, lagu dan games. pelaksanaaanya tergantung situasi kelas bvisa diawal, ditengah atau diakhir pembelajaran. 1. penerapan pembelajaran dengan menggunakan teknik ice bvreaking dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. adapun peningkatan tersebut ditandai dengan peningkatan pada aspek kosentrasi perhatian, sambutanh lisan, memberikan pernyataan, menjawab dan sambutan psikomotoik.
implikasi dari penelitian ini adalah 1. seorang guru hendaknya wajib merngetahui keadaan peserta didik pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, sehingga mampu mengetahui kapan teknik ice breaking haru diterapkan pada peserta didik. 2. penerapan teknik ice breaking dalam proses pembelajaran sangat penting karena dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik ice breaking, konsentrasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:28
Last Modified: 02 Nov 2023 03:28
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2761

Actions (login required)

View Item
View Item