Umran, Muh. Resky Mangambari (2022) Penerapan Costumer Realitionship Management Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Unit Pegadaian Syariah Besusu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
MUH.RESKY_MANGAMBARI_UMRAN_(183150004)_compressed[1].pdf
Download (645kB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Costumer Realitionship Management dalam memberikan pelayanan kepada nasabah di Unit Pegadaian Syariah Besusu sudah berjalan dengan baik dan benar karena di setiap program kerja di terapkan sistem monitoring evalution dan selalu berpedoman dengan panduan yang telah di tetapkan di kantor pusat,penerapan sistem Costumer Realitionship Management di Unit Pegadaian Syariah Besusu terdapat sistem promosi untuk menarik nasabah baru dan meminta referal dari nasabah yang sudah ada,baik dengan promosi secara langsung atau promosi melalui media social. Dan terdapat penerapan sistem Costumer Realitionship Management untuk mempertahankan nasabah dengan memberi bonus dan pelayanan terbaik untuk nasabah yang sudah ada,bentuk pelayanan tersebut memiliki prosedur masing masing salah satunya melayani nasabah dengan bahasa yang baku dengan baku dan dikombinasikan dengan bahasa daerah sehingga lebih mudah di pahami oleh nasabah itu sendiri mengingat nasabah di pegadaian syariah mayoritas nasabah yang ekonominya golongan menengah kebawah. Hambatan dan solusi yang terjadi pada penerapan costumer realitionship management di unit pegadaian syariah besusu dalam memberikan pelayanan kepada nasabah sudah berjalan dengan baik karena ketika ada nasabah yang kurang sabar dalam pelayanan contohnya seperti miss communication nasabah dan teller dan ada juga beberapa nasabah yang kurang paham dengan menggunakan aplikasi maka pihak pegadaian akan melayani sampai masalah tersebut bisa di atasi. Sehingga nasabah akan merasakan kenyamanan dalam bertransaksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Economy & Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 04:27 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 04:27 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2823 |