Nisya, Fatun (2023) Analisis Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas V di MI An-Naarojil Desa Kalukubula. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
Skripsi Fatun nisya.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas V di MI An-Naarojil masih rendah. Karena dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada kelas V di Madrasah disebabkan beberapa problematika diantaranya problematika pada saat proses pembelajaran yang sedang berlangsung, problematika yang berhubungan dengan materi ajar, problematika yang berhubungan dengan alokasi waktu, problematika yang berhubungan dengan metode ajar, problematika yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan peserta didik, dan problematika yang berhubungan dengan sarana dan prasarana. Kemudian upaya dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas V belum ada upaya guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dengan motivasi, dikarenakan guru ketika diawal pembelajaran langsung menjelaskan materi ajar kepada peserta didik tanpa adanya motivasi terlebih dahulu. Adapun Solusinya guru bisa memberikan informasi pada peserta didik mengenai hubungan antar suatu materi pembelajaran kemateri pembelajaran lain, selain itu guru juga dapat menggunakan berbagai macam metode untuk men ingkatkan daya tarik peserta didik pada suatu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 07:03 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 07:03 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2839 |