Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di MA Alkhairaat Biromaru

Rahma, Annisa (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di MA Alkhairaat Biromaru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Annisa Rahma_191020028_PBA.pdf] Text
Annisa Rahma_191020028_PBA.pdf

Download (12MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental designs dengan desain One-Shot Case Study. Pemilihan desain ini karena hanya menggunakan kelompok eksperimen tanpa adanya kelompok kontrol yang melibatkan kelas XI IPS sebagai sampel yang dianggap keterampilan berbicara Bahasa Arab masih rendah. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes lisan dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan uji One Sampe t-test dengan bantuan SPSS For Windows versi 29 yang dibandingkan dengan nilai KKM psikomotor mata pelajaran Bahasa Arab yaitu 80.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Thitung -16,132 < Ttabel 2.110 yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak sehingga Model Pembelajaran Berbasis Masalah tidak Efektif terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di MA Alkhairaat Biromaru.
Implikasi penelitian ini yaitu diharapkan guru bahasa Arab mencari model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:29
Last Modified: 14 Nov 2023 04:29
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item
View Item