Asyraf, Muh (2023) Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Agama Islam di SMA Negeri 1 Lariang Kabupaten Pasangkayu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
Muhammad Asyraf_171010152_PAI.pdf
Download (734kB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran agama Islam di SMA Negeri 1 Lariang Kabupaten Pasangkayu sudah menerapkan prinsip-prinsip konstruktivistik pada pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran peserta didik diarahkan dan didorong untuk membentuk makna atau definisi dari apa yang mereka lihat, alami, dan rasakan melalui pemberian masalah dalam diskusi kelompok. Guru PAI menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang bervariatif dalam penerapan prinsip-prinsip konstruktivistik, salah satunya adalah problem based learning yaitu model yang pembelajarannya berpusat pada peserta didik dengan mendiskusikan sesama teman kelompoknya agar dapat memecahkan sebuah permasalahan yang diberikan oleh guru dari berbagai perbedaan cara berpikir atau cara pandang peserta didik, model pembelajaran tersebut membuat peserta didik lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Selain model pembelajaran problem based learning yang digunakan, guru PAI di SMA Negeri 1 Lariang Kabupaten Pasangkayu juga menggunakan metode pemebelajaran lainnya dalam penerapan prinsip-prinsip konstruktivistik, yaitu discovery learning dan project based learning. Walaupun masih belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Penerapan; Prinsip-Prinsip Konstruktivistik; Pembelajaran Agama Islam |
Subjects: | Education > Education (General) Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 04:30 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 04:30 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3172 |