Menanamkan Pembiasaan Empati Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu

Yuniarti, Wiwi (2023) Menanamkan Pembiasaan Empati Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of WIWI YUNIARTI_191040002_PGMI.pdf] Text
WIWI YUNIARTI_191040002_PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Menanamkan Pembiasaan Empati Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu

Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam skripsi ini berangkat dari masalah: 1) Bagaimana upaya guru menanamkan pembiasaan empati dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas Vdi Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu? 2) Apa saja kendala yang dihadapı guru dalam menanamkan pembiasaan empati dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu?

Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Penelitian 111 menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, kemudian melakukan wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaryah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu dengan menanamkan pembiasaan empati yang terdiri dari beberapa indikator, ikut merasakan, kesadaran dırı, peka terhadap bahasa isyarat, mengontrol emosi, dan mengambil peran. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan pembiasaan empati dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu yaitu adanya peserta didik yang masih perlu untuk beradaptasi dengan pembiasaan yang diterapkan serta adanya pola pikir dan karakter yang berbeda-beda dari tap peserta didik

Implikasi dari penelitian ini, agar pihak madrasah yang termasuk kepala madrasah dan guru dapat melakukan evaluasi serta memaksimalkan pembiasaan empati yang diterapkan pada peserta didik, dan peserta didik lebih aktif untuk melakukan pembiasaan empati yang dapat meningkatkan kecerdasan emosionalnya yang berguna bagi kesuksesannya di berbagai bidang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Pembiasaan Empati, Peserta Didik, Guru
Subjects: Pendidikan
Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:31
Last Modified: 27 Jun 2024 04:31
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3173

Actions (login required)

View Item
View Item