Yuniarti, Wiwi (2023) Menanamkan Pembiasaan Empati Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
WIWI YUNIARTI_191040002_PGMI.pdf
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul "Menanamkan Pembiasaan Empati Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu
Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam skripsi ini berangkat dari masalah: 1) Bagaimana upaya guru menanamkan pembiasaan empati dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas Vdi Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu? 2) Apa saja kendala yang dihadapı guru dalam menanamkan pembiasaan empati dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu?
Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Penelitian 111 menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, kemudian melakukan wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaryah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu dengan menanamkan pembiasaan empati yang terdiri dari beberapa indikator, ikut merasakan, kesadaran dırı, peka terhadap bahasa isyarat, mengontrol emosi, dan mengambil peran. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan pembiasaan empati dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu yaitu adanya peserta didik yang masih perlu untuk beradaptasi dengan pembiasaan yang diterapkan serta adanya pola pikir dan karakter yang berbeda-beda dari tap peserta didik
Implikasi dari penelitian ini, agar pihak madrasah yang termasuk kepala madrasah dan guru dapat melakukan evaluasi serta memaksimalkan pembiasaan empati yang diterapkan pada peserta didik, dan peserta didik lebih aktif untuk melakukan pembiasaan empati yang dapat meningkatkan kecerdasan emosionalnya yang berguna bagi kesuksesannya di berbagai bidang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Pembiasaan Empati, Peserta Didik, Guru |
Subjects: | Pendidikan Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 04:31 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 04:31 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3173 |