Pengaruh Perilaku Tabarruj Terhadap Minat Beli Kosmetik (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu)

Agustina, Aliya (2023) Pengaruh Perilaku Tabarruj Terhadap Minat Beli Kosmetik (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Aliya Agustina_195120054_EkonomiSyariah.pdf] Text
Aliya Agustina_195120054_EkonomiSyariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Perilaku Tabarruj terhadap Minat Beli Kosmetik (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu” Mahasiswi FEBI dikenal dengan penampilannya yang stylis dan yang pastinya bagi mahasiswa perempuan tak lepas dari sentuhan make up. Alat kecantikan justru menjadi salah satu anggaran belanja yang harus mereka sediakan selain keperluan sehari-hari lainnya. Mahasiswi FEBI UIN Datokarama Palu memiliki ketertarikan menggunakan berbagai macam kosmetik untuk menambah kecantikan wajah. Daya tarik mahasiswi terhadap penggunaan kosmetik didasari oleh perilaku tabbaruj karena ingin menampakkan kecantikannya tanpa memperhatikan apakah orang yang melihat itu muhrimnya atau bukan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perilaku tabarruj terhadap minat beli pada mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis Islam UIN Datokarama Palu dan mengetahui perilaku tabarruj mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis Islam UIN Datokarama Palu dalam minat pembelian Kosmetik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan purposive sampling dengan jumlah populasi 1.479 mahasiswa dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 94 responden, instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket, untuk analisis data menggunakan aplikasi alat bantu yang digunakan berupa program SPSS.24.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa ada beberapa mahasiswi FEBI yang berperilaku tabarruj hal ini terlihat dari tanggapan responden terhadap perilaku tabarruj yang nilai rata-ratanya yaitu 3.56 berarti cukup baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata tanggapan responden
3.56 menunjukan ada faktor perilaku tabarruj yang mendorong mahasiswi dalam pembelian kosmetik terhitung rendah dan sebagian besar mahasisiwi membeli kosmetik bukan karena dorongan ingin terlihat cantik atau berperilaku tabarruj melainkan terdapat faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil pengujian statistik uji-t menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar -12.469 > t tabel
-1.661 maka dapat disimpulkan perilaku tabarruj berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat beli kosmetik dikalangan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu. Nilai Koefisien Regresi Variabel pengaruh perilaku tabarruj (X) sebesar -0,751 menunjukan bahwa meski variabel perilku tabarruj meningkat 1 satuan maka minat beli kosmetik akan menurun sebesar -0.751. Maka hipotesis 2 (Ha) diterima. Hal ini terjadi akibat dampak negatif dari perilaku tabarruj, minat beli kosmetik dapat mengalami penurunan, Mahasiswi yang memiliki persepsi negatif terhadap perilaku tabarruj cenderung memilih produk yang lebih alami atau lebih fokus pada perawatan kulit seperti skincare dibandingkan dengan produk kosmetik yang menekankan penampilan lebih mencolok.
Dari kesimpulan yang diperoleh diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada seluruh mahasiswi UIN Datokarama Palu bahwa penting untuk mengetahui dan memahami tentang perilaku tabarruj agar dalam kehidupan sehari-hari bisa menghindari keburukan tabarruj.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabarruj, Minat Beli, Kosmetik
Subjects: Economy & Business > Entrepreneurship
Economy & Business > Islamic Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:22
Last Modified: 21 Aug 2024 05:22
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item
View Item