Upaya Guru Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Qira’ah Kelas VIII MTsN 3 Kota Palu

Rahul, Moh (2023) Upaya Guru Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Qira’ah Kelas VIII MTsN 3 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKripsi Rahul Lengkap (1).pdf] Text
SKripsi Rahul Lengkap (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Upaya Guru Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Qira’ah Kelas VIII MTsN 3 Kota Palu” Penelitian ini dimaksud untuk menjawab rumusan masalah: 1. Bagaimana upaya guru dalam membentuk sikap sosial peserta didik
dalam pembelajaran Maharatul Qira’ah kelas VIII di MTsN 3 kota palu?, 2. Apa saja kendala dan solusi guru dalam membentuk sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran maharatul qira’ah kelas VIII di MTsN 3 kota palu?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa MTs Negeri 3 palu. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapaun teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Analisisdata yang digunakan adalah analisis deksriptif kualitatif, yaitu suatu metode yang berusaha mendeksripsikan fenomena yang diselidiki dengan melukiskan dan mengklasifikasi fakta atau karateristik tersebut secara factual dan cermat. Hasil penelitian upaya yang di lakukannya yaitu dengan cara selalu
menyampaikan kepada siswa perihal pentingnya sikap sosial dalam proses belajar mengajar Maharah Al-Qira’ah dan menuntut siswa agar selalu menerapkan sikap social. kendala yang menjadi penghambat peserta didik dalam mata pelajaran
bahasa Arab Maharah Al-Qira’ah yatu kebiasaan peserta didik yang selalu menggunakan hp. solusi yang diberikan yaitu merangkul peserta didik dan menjadikannya seperti sahabat dan anak sehingga rasa kasih sayang siswa sesama
guru dapat tercipta. Implikasi Penelitian: (1) Sebagai guru dalam hal ini mendidik bahasa Arab dalam Maharah Al-Qira’ah, guru harus memberikan penegasan giat membaca kepada peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran bahasa Arab dapat
berjalan efektif dan efisien. (2) Sebagai Peserta didik setidaknya waktu pembelajaran bahasa Arab maharah alqira’ah maka peserta didik diharapkan tidak menggantungkan pada guru akan tetapi berperan aktif dalam membaca teks Arab tersendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:56
Last Modified: 21 Jul 2025 04:56
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3264

Actions (login required)

View Item
View Item