Penerapan Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tinombo Kabupaten Parigi Moutong

Zulfayanti, Zulfayanti (2024) Penerapan Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tinombo Kabupaten Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Zulfayanti.pdf] Text
Zulfayanti.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan adalah pendekatan pembelajaran langsung, evaluasi pembelajaran yang dilakukan lebih kepada tes tertulis yang mana penggunaan metodenya adalah ekspositori, terdapat beberapa langkah yaitu persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan, dan yang terakhir mengaplikasikan. Metode ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik hal ini dapat dilihat dari setiap hasil tes belajar yang menunjukkan presentase peningkatan di setiap pertemuan, pertemuan pertama menggunakan metode ekspositori memperoleh hasil belajar peserta didik yang tuntas yakni 75% sedangkan yang belum tuntas yakni 25%. Adapun pada penilaian harian kedua menggunakan metode ekspositori memperoleh hasil belajar peserta didik yang tuntas yakni 85% sedangkan yang belum tuntas yakni 15%, Terdapat korelasi antara tes dan proses pembelajaran yang menggunakan metode ekspositori yaitu adanya peningkatan proses dan hasil belajar, presentase peningkatan sebesar 10% . Jadi, dapat dikatakan bahwa metode ekspositori cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Tinombo Kabaupaten Parigi Moutong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Metode Ekspositori
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 25 Jul 2024 14:12
Last Modified: 25 Jul 2024 14:12
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item
View Item