Urgensi Pengembangan Strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Balaesang Tanjung

Rusli, Fais (2023) Urgensi Pengembangan Strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Balaesang Tanjung. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of FAIS RUSLI.pdf] Text
FAIS RUSLI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Urgensi pengembangan strategi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah lebih. menekankan pada peran atau tanggung jawab guru dalam mendorong keberhasilan pembelajaran, mengakui dan memberikan layanan sesuai dengan perbedaan-perbedaan peserta didik, serta memungkinkan berkembangnya potensi masing-masing peserta didik secara optimal di dalam kelas. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam adalah strategi pendekatan secara individual kepada peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, strategi tersebut dilakukan agar dapat memberikan kemajuan belajar peserta didik melalui penilaian vang komprehensip dan berkala selama proses pembelajaran berlangsung maupun sesudahnya, selain itu memudahkan peserta didik untuk menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasainya diakhir kegiatan belajar. 2). Hambatannya adalah berupa keterbatasan sumber belajar, alokasi waktu, media pembelajaran, kurangnya minat dari peserta didik untuk belajar, adanya pengaruh secara internal dan eksternal pada diri peserta didik seperti kemalasan, kejenuhan, bosan dll. Solusi yang dapat diberikan adalah sebagai seorang guru pendidikan agama Islam haruslah berupaya untuk lebih meningkatkan kemampuan secara individual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 25 Jul 2024 14:40
Last Modified: 25 Jul 2024 14:40
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3602

Actions (login required)

View Item
View Item