Silma, Silma (2024) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI SILMA.pdf]](https://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SILMA.pdf
Download (7MB)
Abstract
Menghadapi berbagai tantangan di masa depan sangat membutuhkan keterampilan pemecahan masalah dari peserta didik. Keterampilan ini sangat penting karena dianggap dapat membantu mengatasi berbagai kesulitan dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kemandirian belajar dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto, melibatkan 33 peserta didik kelas X MA Akhairaat Biromaru. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan meliputi kuesioner untuk mengukur kemandirian belajar dan kecerdasan emosional, serta tes yang di rancang untuk menguji kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini mengungkap beberapa temuan yaitu (1) kemandirian belajar tidak mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah, (2) kecerdasan emosional juga tidak dampak siginifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan (3) kemandirian belajar dan kecerdasan emosional tidak menunjukkan pengaruh siginifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di MA Alkhairaat Biromaru.
Penelitian ini menemukan bahwa kemandirian belajar dan kecerdasan emosional hanya menjelaskan 5,6% dari variabel kemampuan pemecahan masalah matematika. Artinya, sekitar 94,4% di pengaruhi oleh faktor lain yang belum dianalisis dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar, kecerdasan emosional, dan kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | Pendidikan Science > Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 07:29 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 07:29 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3756 |