Manajemen Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di MTs Jabal Khair Palasa Kabupaten Parigi Moutong

Hasanah, Niswatun (2019) Manajemen Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di MTs Jabal Khair Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of NISWATUN HASANAH.pdf] Text
NISWATUN HASANAH.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Kepala Madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di MTs Jabal Khair Palasa Kabupaten Parigi Moutong sudah direncanakan dengan baik. Kemudian proses pengorganisasian yang dilakukan kepala madrasah adalah membagi tugas guru berdasarkan mata pelajarannya masing-masing dan mengelompokkan struktur organisasi kurikulum 2013. Namun kepala madrasah masih terbatas dalam mengorganisasikan 8 aspek instrumen kurikulum 2013 yang meliputi; (1) Analisis SKL, KI, KD, Indikator, Silabus dan pembelajaran Tematik Terpadu (2) Perancangan pembelajaran (3) Praktik penyusunan Prota, Prosem, Pemetaan KD, dan Silabus (4) Penyusunan RPP (5) Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan dan Pelaporan Hasil Belajar (6) Praktik penyusunan soal HOTS (7) Inspirasi Tayangan Video Pembelajaran (8) Praktek Pembelajaran (Peer-Teaching), sehingga pelaksanaan kurikulum 2013 di MTs Jabal Khair Palasa masih sangat minim karena dalam implementasinya, kurikulum 2013 masih bersifat secara teori karena belum sepenuhnya dilaksanakan secara praktek, serta belum maksimal dalam melakukan pengawasan dan supervisi terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh guru. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan dalam melaksanakan sosialisasi maupun pelatihan kurikulum 2013 baik kepala madrasah maupun guru, serta sarana dan prasarana yang belum memadai. Faktor penghambat dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di MTs Jabal Khair Palasa Kabupaten Parigi Moutong adalah ketidaksiapan para guru karena masih kesulitan dalam mendapatkan informasi terkait penerapan kurikulum 2013 serta sarana dan prasarana yang belum memadai seperti buku penunjang, LCD proyektor dan alat alat praktek. Solusi untuk mengatasi hal tersebut, guru diikutsertakan dalam pelatihan implementasi kurikulum 2013 serta memanfaatkan sarana dan prasarana yang belum memadai terutama buku penunjang yang sudah ada dengan menyuruh peserta didik untuk mengcopy atau menggandakan materi yang akan dipelajari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Theory and practice of education > Secondary Education. High schools
Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ainul Yaqin
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:12
Last Modified: 01 Dec 2021 06:12
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item
View Item